Rabu, 27 Agustus 2008

Mengejar Prestasi dan Pendapatan Besar


Selain prestise bisa menjadi Raja Klub Eropa, ada faktor lain mengapa klub-klub Inggris berlomba-lomba bisa masuk ke Liga Champions terutama fase grup. Faktor itu adalah uang. Di bandingkan klub-klub lain di Eropa, klub asal Inggris akan mengantongi pendapatan yang banyak bila bisa lolos ke fase grup apalagi bila sampai juara.
Juara lima kali Liga Champions Liverpool dan runner up 2006 Arsenal dini hari nanti akan berjuang untuk bisa masuk fase grup Liga Champions. Selain mengincar gelar juara, bermain di Liga Champions memang sangat menguntungkan. Liverpool sudah merasakan bagaimana pendapatan klub mereka terdongkrak ketika dua tahun lalu masuk final, tak kurang USD 40 juta sudah mereka kantongi karena sukses itu.
Musim lalu Liverpool dan Arsenal masing-masing mendapatkan 21,1 (Rp 358,3 miliar) dan 18,3 juta pounds (Rp 310,6 miliar). Dengan pemasukan yang lumayan itulah, tentu saja laga dini hari nanti menjadi menarik karena uang itu sudah bisa membantu menyeimbangkan keuangan kedua klub musim ini.
Secara keseluruhan klub Inggris yang tampil di Liga Champions akan mendapat pemasukan yang cukup besar di bandingkan klub-klub lainnya. ManYoo, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal, mengantongi jutaan pounds dari sukses mereka mendominasi Liga Champions musim ini.
Keseluruhan, UEFA mengeluarkan 102 juta pounds (Rp 1,7 triliun) dari pendapatan hak siar televisi dan sponsorship untuk keempatnya. Jumlah ini belum termasuk bagian pendapatan dari pertandingan.  
Sukses klub-klub Liga Primer di Liga Champions, dengan tiga klub di semifinal, membuat pendapatan hak siar dan sponsorship melonjak. Sejumlah fakta memperlihatkan pendapatan terbesar UEFA dari Liga Champions diperoleh dari stasiun televisi kabel Inggris, hanya sedikit saja uang yang masuk dari penjualan hak siar ke negara lain.
Karena itulah menjadi petaka bila kemudian Liverpool gagal melewati Standar Liege pada pertandingan dini hari nanti, sedangkan Arsenal yang sudah menang 2-0 pada leg pertama tentu agak sedikit tenang saat menjamu wakil Belanda, FC Twente Enschede. (*)
.

0 komentar:

Inspirationa Quotation

"The big secret in life is that there is no big secret. Whatever your goal, you can get there if you're willing to work".

(Oprah Winfrey, American TV host, media mogul, and philanthropist)

kartun united





FIrman Allah SWT

"Innal hasanaat tushrifna sayyiaat" (Sesungguhnya kebaikan akan mengalahkan kejahatan) - (Hud:114).

  © Blogger template Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP