Selasa, 21 April 2009

Amien Rais Tak Mau Cawe-Cawe

Konsisten dengan isu regenerasi, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Amien Rais menolak dicalonkan sebagai pendamping Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Usulan tersebut muncul dari 27 pengurus wilayah PAN saat berkumpul di rumah Amien di Sleman, Yogyakarta, kemarin. Mereka menilai PAN masih berpeluang mengajukan cawapres, sehingga merasa perlu mempersiapkan nama yang akan disodorkan kepada partner koalisi.
Dengan halus Amien menolak keinginan para kadernya. Dia tahu diri usianya sudah uzur, sudah 65 tahun. Amien juga melihat sudah saatnya ada regenerasi di pentas politik nasional pada umumnya dan ditubuh PAN pada khususnya.
Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu mengaku hanya ingin menjadi orang di belakang layar yang memberi dorongan moral. Bagi Amien, tidak lucu apabila dia ikut cawe-cawe (ikut-ikutan) lagi dalam perhelatan Pemilihan Presiden 2009.Ketua Sementara itu sebagai Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Amien Rais membantah pertemuan yang digalangnya di Jogja telah menimbulkan konflik internal partainya. Bahkan, Amien juga membantah apa yang dilakukannya menyalahi aturan meski dalam pertemuan tersebut tidak dihadiri Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir.

Menurut Amien, pertemuan di rumahnya Sleman, Yogyakarta, tersebut sudah sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai. Karena itu, kata dia, apa yang dilakukannya bukanlah mendahului keputusan DPP PAN.

"MPP boleh (melakukan pertemuan dan mengundang pengurus PAN) kapan saja. Menurut anggaran dasar, Ketua MPP boleh mengundang pengurus eksekutif partai mulai dari DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sampai DPP kapan saja untuk keperluan apa saja," kata Amien Rais disela-sela acara silaturahmi Islam untuk Kebangkitan Indonesia, di Jakarta, Senin (20/4/2009).

Dalam kesempatan itu, Amien menyatakan bahwa Pilpres nanti kans besar hanya dimiliki oleh dua kekuatan yakni kubunya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan kubunya Megawati Soekarnoputri. Namun, kata dia, peluang besar hanya dimiliki oleh SBY. Dia juga mengakui dalam pertemuan di kediamannya dirinya mengarahkan agar pengurus wilayah mendukung Partai Demokrat.

"Saya kemarin itu meng-endorse PAN yang hanya enam koma sekian persen itu jadi mitra junior, bukan mitra senior Partai Demokrat," ujarnya.

Hal itu, kata dia, karena dirinya dan para pengurus wilayah PAN mengakui bahwa yang berpeluang besar untuk maju lagi sebagai calon presiden adalah SBY.

"Kami di sana itu mengutak-atik dan menganalisa keadaan kami (PAN). Sejauh ini, memang yang hampir pasti jadi capres kembali itu memang Pak Yudhoyono. Peluang besar kemenangan Pilpres pada Juli nanti itu memang dari segi rasional, dari segi politik, itu ada di Pak Yudhoyono," tandasnya. (*)

0 komentar:

Inspirationa Quotation

"The big secret in life is that there is no big secret. Whatever your goal, you can get there if you're willing to work".

(Oprah Winfrey, American TV host, media mogul, and philanthropist)

kartun united





FIrman Allah SWT

"Innal hasanaat tushrifna sayyiaat" (Sesungguhnya kebaikan akan mengalahkan kejahatan) - (Hud:114).

  © Blogger template Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP